HOME
Home » Export Import » Fasilitas Kepabeanan pada Kegiatan Ekspor Impor

Fasilitas Kepabeanan pada Kegiatan Ekspor Impor

Posted at Desember 26th, 2016 | Categorised in Export Import

Topik kita kali ini yaitu Fasilitas Kepabeanan pada Kegiatan Ekspor Impor dari Dirjen Bea Cukai. Fasilitas Kepabeanan merupakan kebijakan atau kemudahan yang diberikan oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) yang berkaitan dengan penggunaan jasa kepabeanan melalui kegiatan ekspor-impor yang bertujuan untuk memberikan manfaat bagi perekonomian secara nasional.

Fasilitas Kepabeanan pada Kegiatan Ekspor Impor

Fasilitas Kepabeanan pada Kegiatan Ekspor Impor

Manfaat dari fasilitas yang diberikan dalam bentuk percepatan waktu pemrosesan barang, kemudahan prosedur pemrosesan barang, dan pengurangan biaya. Bila disederhanakan, Fasilitas Kepabeanan adalah fasilitas yang diberikan oleh pemerintah melalui Bea dan Cukai dalam rangka untuk memberikan pelayanan yang lebih cepat, lebih baik, dan lebih murah.

Fasilitas Kepabeanan ini juga ditujukan untuk menciptakan suasana yang kondusif bagi iklim industri, perdagangan dan masyarakat, memberikan insentif yang bermanfaat bagi pertumbuhan perekonomian nasional, antara lain berupa fasilitas, pembebasan Bea Masuk atas impor mesin dan bahan baku dalam rangka ekspor, dan pemberian persetujuan impor sebelum pelunasan Bea Masuk, memperlancar arus barang, orang ataupun dokumen dalam sistem atau tata laksana kepabeanan di bidang impor.

Umumnya bentuk-bentuk fasilitas pelayanan telah diintegrasikan dalam sistem tata laksana kepabeanan yang kewenangannya untuk pemberian fasilitas pelayanan biasanya dilaksanakan oleh Kepala Kantor Pabean setempat.

Jenis Fasilitas Kepabeanan

Berdasarkan jenisnya Fasilitas Kepabeanan dibedakan menjadi:

  1. Pemberitahuan Pendahuluan (Prenotification), pemberian kesempatan kepada importir untuk mengajukan pemberitahuan pabean terlebih dahulu sebelum BC1.1 didaftarkan pada Kantor Bea dan Cukai.
  2. Bagi importir MITA (Mitra Utama) Prioritas tanpa harus mengajukan permohonan. Dalam hal ini Importir MITA Prioritas wajib menyampaikan rekapitulasi PIB dalam bentuk softcopy kepada client coordinator, paling lambat tanggal 10 bulan berikutnya.
  3. Bagi importir lainnya, fasilitas prenotification dapat dilaksanakan setelah mendapatkan persetujuan Kepala Kantor Pabean atau Pejabat yang ditunjuk.
  4. Pelayanan Segera (Rush Handling) merupakan pelayanan kepabeanan yang diberikan atas barang impor tertentu yang karena karakteristiknya memerlukan pelayanan segera untuk dikeluarkan dari Kawasan Pabean. Ketentuan Rush Handling harus memenuhi unsur-unsur sebagai berikut:
  • Barang yang terikat waktu (peka waktu).
  • Memerlukan penanganan
  • Barang lain yang sangat diperlukan.

Yang memiliki kategori barang sebagai berikut:

  • Organ tubuh manusia, antara lain ginjal, kornea mata, atau darah; Jenazah dan abu jenazah;
  • Barang yang dapat merusak lingkungan;
  • Binatang hidup; Tumbuhan hidup;
  • Surat kabar dan majalah yang peka waktu;
  • Dokumen (surat); dan
  • Barang lain yang karena karakteristiknya memerlukan pelayanan segera, apabila mendapat izin dari Kepala Kantor.
  1. Pembongkaran dan penimbunan barang impor di tempat lain, selain Kawasan Pabean. Kemudahan untuk membongkar/menimbun barang di tempat lain selain Kawasan Pabean untuk mengatasi kendala alamiah atau kendala teknis dilakukan di pelabuhan.
  2. Pemeriksaan barang impor di gudang atau lapangan penimbunan milik importir.
  3. Pemeriksaan pendahuluan dan pengambilan contoh untuk membuat Pemberitahuan Impor Barang (PIB).
  4. Pengeluaran barang impor dengan penangguhan pembayaran Bea Masuk, Cukai, dan Pajak Dalam Rangka Impor (pengeluaran barang lebih dahulu atau vooruitslag).
  5. Pemberitahuan Impor Barang (PIB) secara berkala.
Jenis Fasilitas Fiskal

Bentuk fasilitas fiscal yang diberikan kepada importir yang melakukan kegiatan impor sementara, secara umum dapat dibedakan menjadi tiga bagian, yakni

  1. Fasilitas berupa pembebasan Bea Masuk
  2. Keringanan Bea Masuk
  3. Pengembalian Bea Masuk atau customs drawback

Demikian info bisnis ekspor impor tentang Fasilitas Kepabeanan pada Kegiatan Ekspor Impor semoga bermanfaat.

Referensi:

Tags : , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,