HOME
Home » Cara Impor Produk » Hal-Hal Yang Kudu Diketahui Sebelum Impor Produk Dari Negara Lain

Hal-Hal Yang Kudu Diketahui Sebelum Impor Produk Dari Negara Lain

Posted at January 12th, 2020 | Categorised in Cara Impor Produk

Sekarang kami akan bahas mengenai Hal-Hal Yang Kudu Diketahui Sebelum Impor Produk Dari Negara Lain. Kesempatan bisnis produk import saat ini sungguh-sungguh terbuka lebar. Sebab produk impor punya branding tersendiri di market Indonesia. Untuk bisa menerjuni usaha ekspor impor kalian harus paham sistem import barang dari negara lain ke dalam negeri.

Hal-Hal Yang Kudu Diketahui Sebelum Impor Produk Dari Negara Lain

Hal-Hal Yang Kudu Diketahui Sebelum Impor Produk Dari Negara Lain

Berikut kami sajikan kiat buat mengimport barang dari negara lain ke Indonesia :

  1. engkau tetapkan dahulu mau import barang apa? Juga produk tersebut boleh engga diimport ke dalam negeri. Cari isu komplitnya tentang barang itu secara terperinci.
  2. Pastikan kemampuan financial kalian brapa buat ambil maksimal Quantity? Dan bagaimana gambarannya buat jual habis ke pasar.

Hal-Hal Yang Kudu Diketahui Sebelum Impor Produk Dari Negara Lain

  1. Pastikan berat (Weight) per satuan barang yang akan Anda pesan, juga ukurannya (Volume). Sekiranya barangnya ringan dan kecil, misal : flashdisk, upayakan pengangkutan via udara (by Air), kalau berat dan besar pake pengiriman melalui Laut (by Sea), itu semua akan mempengaruhi perkiraan harga akhir produk dan juga modal tentunya??
  2. Cari supplier yang terpercaya, lewat web-web wholesaler (grosir).
  3. Mesti memahami bahasa inggris kalau belum mahir buka saja google translate.

Hal-Hal Yang Kudu Diketahui Sebelum Impor Produk Dari Negara Lain

  1. Persiapkan Instan Messaging buat komunikasi dengan supplier, dapat YM/MSN/SKYPE/GTALK terserah suppliernya Anda tinggal ikut, atawa bisa jadi apabila web grosirnya menyiapkan fitur chat gunakan aja, atau paling enggak email.
  2. Buat mengawali komunikasi dengan calon supplier, pertama-tama bilang sahabat semua beratensi untuk kulak dari ia, boleh gak meminta katalog produknya untuk lihat produknya secara mendetail. Apabila masih minim langsung bertanya aja ke supplier, kehendak Anda apa, kelengkapan produk itu apa aja, brapa typenya dan kualitasnya.
  3. Setelah itu Anda tanyakan berapa minimum quantity (MOQ = Minimal Order Quantity) yang diperkenankan. Apabila masih terlalu besar, kalian tinggal bilang, ingin test market dulu, bisa gak ambil quantity agak kecilan dahulu dari yang ditetapkan, sama alasan sekiranya nanti baik pasti ambil lebih banyak lagi.

Hal-Hal Yang Kudu Diketahui Sebelum Impor Produk Dari Negara Lain

  1. Setelah dibolehkan, baru menegosiasi harga, biasanya akan langsung dikasih penawaran (QUOTATION), misalnya masih mahal menegosiasikan lagi hingga optimal mampunya kalian. Seandainya enggak deal, jangan tolak dulu, cari-cari supplier yang lain dulu, siapa tahu ada yang bisa.
  2. Umumnya harga yang dikasih adalah harga FOB atawa harga Gratis OnBoard atau harga udah mencakup harga kirim sampe ke gudang (Warehouse) daerah container-container di pelabuhan, tinggal kirim ke tempat engkau. Upayakan distribusi ke tempat Anda pake jasa Forwarding aja biar engga ribet.

Hal-Hal Yang Kudu Diketahui Sebelum Impor Produk Dari Negara Lain

  1. Setelah itu tanya ke supplier untuk total pesanan Anda:
    • brapa berat total (dalam kg)?
    • berapa total volume atau CBM (Cubic Metres)?
    • brapa lama waktunya, diukur dari pembayaran deal hingga dengan barang siap di tempat FOBnya?
    • deskripsi produknya apa (Product Description)
    • HS Codenya (Kode Harmony System), buat penggolongan komoditas dari produk, biasa dipakai pihak bea cukai untuk mengetahui kisaran harga asli dari barang yang teman-teman semua pesan. Sebab acap kali harga asli minta diturunkan oleh importir agar bisa menekan pajak masuk lebih kecil.
    • minta dibuatkan Detil Daftar Paket yang kawan-kawan semua order ke supplier (PL = Packing List), sama Tagihan (CI = Comercial Invoice atawa adakalanya banyak supplier yang menyebut PI = Provorma Invoice yang didalamnya sudah menjelaskan PL sekaligus).
  2. Sesudah semuanya deal, kemudian kamu cari jasa forwarding yang dapat diandalkan mutunya dan kejujurannya. Cari yang punya reputasi, kasih semua data yang kalian dapat dari supplier, bilang lokasi FOB-nya seperti yang diberikan oleh supplier. Sekiranya forwarding enggak bisa dengan posisi FOB yang dimaksud, terpaksa Anda minta dihitungkan ongkos jasa dari letak FOB supplier ke posisi FOB yang diminta oleh forwarding, biasa gunakan transportasi darat alias pake Truk disebut pula dengan Trucking. Contoh saja transaksi ini dari Amerika, posisi FOB supplier Jakarta, tempat FOB forwarding Semarang, jadi tinggal minta taksiran ongkos trucking dari Jakarta ke Semarang.

Hal-Hal Yang Kudu Diketahui Sebelum Impor Produk Dari Negara Lain

  1. Untuk mengatasi hal di atas, coba nego meminta harga lagi ke supplier bila posisi FOB supplier ganti ke lokasi FOB forwarding kamu. Misal diizinkan nanti Anda akan dibuatkan PI lagi yang harga FOB posisinya forwarding, tetapi yang kerap kali terjadi supplier tetap engga ingin ganti letak FOBnya.
  2. Akan tetapi apabila nego itu sukses dengan proses trucking dari pihak forwarding, artinya kamu meminta ke forwarding:
    • brapa trucking Jakarta ke Semarang?
    • brapa jasa dari Semarang hingga ke daerah kalian (gunakan service Door to Door All Servica aja, agar gak rumit)?
    • berapa lama hingga ke daerah kalian?
    • minta pembayaran jika boleh COD (Cash On Delivery) dimana pembayaran dilunasi sesudah produk sampai di pelabuhan (Port) terdekat milik forwarding, bukan produk sampai kita terima baru bayar, ga akan ada yang mau kayaknya, karena ongkos mengeluarkan barang dari Port buat diangkut ke warehouse milik forwarding, biayanya besar.

Hal-Hal Yang Kudu Diketahui Sebelum Impor Produk Dari Negara Lain

  1. Lalu berkaitan dengan cara pembayaran (Term Payment), apabila dapat meminta sistem DP, supplier biasa menyebutnya Deposit. Di sini engkau bisa main brapa prosen dulu, anggap aja deal 30 persen. Dua pertanyaan berikutnya:
    • 70 persen pembayaran kudu di lunasi kapan? Kebanyakan supplier akan memberi informasi pembayaran 70% sisa (supplier menamakannya Balance Payment) harus dilunasi dikala serah terima B/L (Bill of Landing) atau tagihan paket barang telah bertolak dari posisi FOB-nya.
    • Kapan serah terima B/L itu? Rata-rata progresnya sesudah emoat hari dihitung dari waktu paket beranjak dari pelabuhan / airport.
  2. Sesudah pelaksanaan ini selesai teman-teman semua tinggal menukar informasi aja ke supplier dan forwardingnya. Minta pihak forwarding untuk cross check ke supplier, pun sebaliknya. Dan bila dapat minta pihak forwarding buat mendokumentasi / foto-foto dikala supplier kirim barang ke posisi FOB. Sekiranya pihak forwarding tanya beri aja alasan untuk deal pelaksanaan pembayaran sisanya ke supplier.

Hal-Hal Yang Kudu Diketahui Sebelum Impor Produk Dari Negara Lain

  1. Karena barang yang dikirim ke FOB pastinya sudah dalam kondisi di packing, jadi umumnya minta timbang kembali aja oleh forwarding, betul enggak hasilnya sama dengan yang dikasih oleh supplier, juga volumenya.
  2. Ditengah-tengah ini mungkin merupakan pelaksanaan akan pembayaran Balance Payment kalian termasuk serah terima B/L.
  3. Sesudah paket sudah hingga ke pelabuhan daerah kawan-kawan semua, minta saja bukti foto-foto seandainya barang memang telah sampai, sebelum membayar jasa forwardingnya, sekalian memberikan B/L yang diberi supplier, untuk forwarding dapat mengeluarkan barang dari Port buat dikirim ke kalian.
  4. Sesudah proses ini selesai tinggal tunggu barang sampai ke tangan kawan-kawan semua. Sebaiknya di sini mulailah cari pasar untuk ngelepas produk Anda.

Sekian informasi mengenai Hal-Hal Yang Kudu Diketahui Sebelum Impor Produk Dari Negara Lain, semoga artikel kali ini bermanfaat untuk teman-teman semua. Kami berharap artikel ini diviralkan agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...
Tags :

Related Post to Hal-Hal Yang Kudu Diketahui Sebelum Impor Produk Dari Negara Lain

[pgp_title]

Begini Loh Trik Import Produk Dari Negara Lain Yang Harus Diketahui!

Posted at June 27, 2020

Di artikel ini kami akan ulas terkait dengan . Kesempatan usaha barang import saat ini betul-betul terbuka lebar. Karena barang impor memiliki branding tersendiri... Read More

[pgp_title]

Pake Cara Berikut Untuk Mengimport Barang Dari Negara Lain

Posted at June 27, 2020

Topik kita kali ini adalah . Peluang bisnis produk impor sekarang sangat terbuka lebar. Sebab produk impor memiliki branding tersendiri di pasaran Indonesia. Untuk... Read More

[pgp_title]

Mau Sukses Mengimport Produk Dari Luar Negeri? Berikut Ini 20 Langkah Yang Harus Kamu Jalankan

Posted at June 26, 2020

Pada kesempatan ini kami akan bahas mengenai . Kesempatan usaha barang impor saat ini betul-betul terbuka lebar. Karena produk import mempunyai branding tersendiri di... Read More

[pgp_title]

Trick Import Barang Yang Sepatutnya Dijalankan Oleh Importir

Posted at June 26, 2020

Pembahasan kita sekarang yaitu . Kesempatan usaha produk import saat ini sangat terbuka lebar. Sebab barang import mempunyai branding tersendiri di market Indonesia. Untuk... Read More

[pgp_title]

Import Barang Dari Luar Negeri Segampang Ini? Sahabat Semua Juga Bisa!

Posted at June 26, 2020

Di postingan ini kami akan ulas tentang . Kesempatan usaha barang impor sekarang sangat terbuka lebar. Karena produk import memiliki branding tersendiri di market... Read More